Jual Alat Teropong Telur – Info Harga dan Cara Menggunakannya

By | September 21, 2016

Jual Alat Teropong Telur – Peneropongan telur atau candling adalah salah satu kegiatan yang rutin di lakukan oleh para peternak, penangkar atau pembibit unggas seperti lovebird, puyuh, Kenari, Bebek, Itik dan Ayam. Peneropongan merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa telur yang akan di erami oleh indukya akan di lanjutkan atupun tidak. Kalau sudah dari awal sudah di ketahui interfile maka pengeraman tidak perlu lagi untuk di lanjutkan sehingga tidak akan membuang-buang waktu dan menghemat energi, sehingga waktu bisa di maksimalkan untuk mengawinkan dengan unggas jantan.

teropong telur

Memang proses dari penetasan telur bukanlah perkara yang mudah untuk di kerjakan. Ada banyak hal yang terlebih dahulu harus dilakukan serta dipikirkan. Salah satunya adalah bagaimana membedakan antara telur yang baik untuk di tetaskan ataupun yang tidak. Terkadang banyak peternak unggas mengalami masalah dalam hal ini yaitu dalam membedakan telur-telur yang baik untuk ditetaskan. Dengan bantuan teropong telur yang dilengkapi lampu penerang maka akan dapat dengan mudah menentukan telur mana yang baik serta yang buruk untuk ditataskan. Teropong telur meskipun sangat sederhana amatlah berguna bagi peternak untuk aktifitas penetasan.

Mengenal Fungsi dan Kegunaan Alat Teropong Telur
Sesuai dengan namanya alat teropong telur mempunyai kegunaan dan fungsi berfungsi untuk meneropong atau melihat kondisi telur apakah layak ataupun tidak apabila nantinya di tetaskan. Mungkin saja banyak yang masih belum faham dalam mempergunakannya alat ini. Sebenarnya alat ini mempunyai cara kerja yang cukup mudah yaitu dengan cara memanfaatkan pantulan dari cahaya lampu yang ada didalamnya. Dengan lampu penerangan tersebut maka kondisi telur dapat di cek bila saja kondisi telur di lihat rusak tentunya telur tersbut tidak layak untuk di tetaskan.
Sebenarnya apabila orang cukup kreatif dalam membuat alat tersebut mereka dapat memanfaatkan alat-alat sederhana ataupun bahan bahan bekas yang ada. Dengan bahan-bahan yang ada tersebut dapat di rangkai untuk mendapatkan fungsi dari teropong yang sesuai. Namun kebanyakan orang akan lebih membeli alat tersebut di pasaran dari pada membuatnya sendiri.

Cara Menggunakan Alat Teropong Telur
Sebenarnya untuk menggunakan alat teropong telur ini sangatlah mudah. Pertama sediakan ruang yang gelap agar isi yang ada di dalam telur bisa terlihat dengan jelas. Silahkan ambil telur itik, ayam, puyuh atau bebek dari incubator. Apabila di erami induknya maka pengambilan telur dari sarang dilakukan saat induknya pergi dari sarang saat makan ataupun minum. Usahakanlah peneropongan ini selesei pada waktu 20-30 menit hal ini dikarenakan telur agar tidak menjadi dingin lebih cepat akan lebih baiak.

Bagi telur yang masa pengeramannya sekitar 21 hari ataupun lebih seperti lovebird (23 hari ), itik (28 hari), ataupun ayam (21 hari) peneropongan bisa di mulai dari hari ke 6 sampai hari ke 10 setelah itu tidak perlu lagi untuk peneropongan, kecuali pada saat tiga hari sebelum menetas. Misalnya lagi untuk ayam menetas pada hari ke 21 maka peneropongan terakhir di lakukan pada hari ke 18 setelah itu jangan lakukan peneropongan lagi karena pada tiga hari terakhir telur haruslah berada pada posisi yang tetap.

Untuk burung yang berkicau pengeraman berfariasi yaitu antara 12 sampai 16 hari, peneropongan yang pertama bisa di mulai pada hari ke-5 sedangkan peneropongan yang terakhir bisa dilakuakan tiga hari sebelum menetas. Burung Murai batu masa pengeramannya sekitar 14 hari, burung puyuh 16 hari burung pleci 12 dan sebagainya.

Tujuan peneropongan telur yang pertama di lakukan yaitu untuk mengetahui apakah telur yang di erami atau yang ada dalam mesin tetas apakah subur (fertil) ataupun tidak subur (interfil). Apabila telur itu tidak subur maka anda bisa membuangnya saja.

Kalau anda melakukan peneropongan untuk kedua kalinya misalnya 2 sampai 4 hari berikutnya maka telur yang semula fertile maka akan memiliki dua kemungkinan. Pertama yaitu pada embrio tumbuh dan berkembang dan terlihat jelas jantungnya dan yang Kedua Embrio akan diam saja atau bisa di katakana mati muda di dalam telur. Telur dengan embrio yang mati haruslah di buang karena di dalamnya terkandung gas ammonia yang akan mencemari kotak sarang ataupun mesin tetas.

Peneropongan sederhana atau candling yang terakhir yaitu 3 hari sebelum menetas yang bertujuan untuk memantau apakah embrio itu masih selamat atupun malah mati. Pada saat ini apabila masih hidup, embrio akan menjadi janin yang kan memiliki organ tubuh lengkap yaitu seperti sayap, paruh, ataupun kaki. Baca selengkpanya…

Hasil Peneropongan Telur Ayam

gambar hasil peneropongan telur

Keterangan :

  • Embrio hidup (6hari)
    Terlihat penampakan pembuluh darah dengan adanya gumpalan ditengah apabial kita amati dengan cermat maka akan terlihat denyut ditengahnya.
  • Embrio mati (blood ring)
    Kondisi seperti ini bisa kita amati pada peneropongan hari ke 6
    Hal seperti ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor:
    – Infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan virus
    – Kelainan yang terjadi pada embrio
    – Suhu mesin tetas yang terlalu tinggi
  • Telur interfile
    Telur interfile adalah sebuah telur yang dihasilakn oleh unggas tanpa proses pembuahan oleh sang jantan.
    Saran:
    – Tidak disarankan anda membelinya dipasar
    – Dapatkan telur tetas yang terpercaya,
    – Amatialah telur kurang lebih 7hari
  • Embrio mati
    Kondisi ini bisa diamati pada hari 14-18 hari (untuk ayam) hal ini bisa terjadi karena:
    – Infeksi bakteri dan virus
    – Kelainan pada embrio
    – Umur telur terlalu tua
    – Suhu dan kelembapan tidak tepat

Saat kita meletakan telur di atas teropong, kita akan melihat ada bayangan mengenai isi dalam telur tersebut

a. Telur fertil

telur bagus

Ciri-Ciri Telur Yang Bagus – Kita bisa lihat gambar diatas, telur bagian kiri di tandai dengan adanya noktah merah yang merupakan embrio muda yang disertai terlihatnya sejumlah pembuluh darah jadi telur ini dikategorikan telur fertile. Gambaran inilah yang biasanya dilihat pada peneropongan pertama hal ini terlihat ketika telur dierami selama 5-6 hari.
Sedangkan untuk yang kanan dimana terlihat embrio sudah membesar memenuhi ruangan kuning telur yang mengembang di atas telur (albumin). Gambaran ini bisa terlihat apabila telur sudah di erami selama 2 minggu.

b. Telur infertil

telur infertil

Telur infertile atau telur yang gagal bisa kita lihat diatas. Telur pada gambar sebelah kanan tidak berisi apa-apa yang artinya telur itu interfil alias gabuk, atau tidak ada embrionya gambar seperti ini bisa dilihat pada hari 5-6 ketika telur sudah dierami.
Untuk gambar disebelah kiri kita bisa melihat keadaan telur terlihat bukan telur infertile tapi juga bukan telur fertile ada titik darah semacam noktah tetapi tidak ada pembuluh darahnya ini menunjukan bahwa kondisi telur adalah fertile karena embrio pada telur mengalami mati muda.

c. Telur terkontaminasi bakteri
Perhatikan dua gambar di bawah ini :

telur infeksiTELUR YANG TERKONTAMINASI BAKTERI

Kita bisa lihat gambar disebelah kiri terlihat adanya sebuah cincin pada telur yang berusia 5-6 hari. Cincin ini ada karena diakibatkan bakteri yang terkonsentrasi yang menyerang membrane telur. Hal ini terjadi pada saat awal bertelur atau bia juga saat telur dierami. Gambar pada sebelah kanan kita akan melihat bahwa embrio muda diserang oleh bakteri sehingga mengakibatkan embrio mati didalam telur.

Dibawah ini adalah gambar perkenbangan telur ayamdari hari pertama sampai pada hari 21 gambar akan dianalogikan untuk semua jenis burungberkicau, meski pengeramannya lebih singkat (12-16 hari)

perkembangan-telur

Perkembangan Telur Ayam pada Hari Pertama Hingga Menetas

Cara Sederhana Membuat Alat Teropong Telur Sendiri
Alat teropong telur sederhana sudah banyak di jual di beberapa toko peternakan unggas yang terkenal. Namun bagi anda bisa juga untuk membuat teropong telur sederhana sendiri dengan menggunakan bahan yang sederhana yang tak terpakai di rumah seperti pot bunga ataupun kaleng susu.

Untuk membuat alat teropong telur sederhana sebenarnya ada banyak cara. Akan tetapi kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial sederhana dalam membuat alat teropong tersebut atau jika Anda lebih kreatif, Anda bisa memodifikasinya sendiri. Dan untuk tutorialnya mungkin akan kami bahas pada artikel kami selanjutnya.

Harga Teropong Telur
Untuk harga alat peneropong telur seperti diatas tidaklah terlalu mahal yang pastinya harga masih terjangkau. Jika Anda tidak ingin repot-repot membuat alat teropong telur, Anda bisa langsung membeli alat teropong tersebut kepada kami serta untuk pemesanan dan harga teropong silahkan lansung menghubungi cs kami di 0822-4458-0303. Dan bagi anda yang berada di jakarta, surabaya, bandung, medan atau di seluruh Indonesia, dapatkan harga murah khusus untuk setiap pembelian thermostat mesin tetas di tempat kami.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *