Jual Hygrometer Mesin Mesin Tetas – Harga dan Cara Pengunaan

By | October 28, 2016

Pengertian Hygrometer

Hygrometer adalah alat ukur yang dipergunakan untuk mengukur seberapa besar tingkat kelembapan di suatu tempat Bentuk sederhana dari Hygrometer adalah khusus yang dikenal sebagai Psychrometer yang terdiri dari dua Thermometer.

Termo Higro Digital merupakan penggabungan termometer (alat pengukur suhu) dan higrometer (alat pengukur kelembapan udara), dari ke 2 alat tadilah digabungkan menjadi 1 sehingga menjadi 1 alat yang praktis yang di beri nama termohigro. Alat yang satu ini lebih praktis dan juga efektif. Selain penggabungan dua alat tadi alat  ini berjenis digital dan memakai sensor yang merupakan inovasi dari pendahulunya (analog/jarum) menggunakan lempengan.

Hygrometer ini juga biasa di pergunakan untuk di tempatkan pada container ataupun tempat – tempat untuk menyimpan barang dengan ketentuan suhu dan kelembapan tertentu. Adapun tempat yang biasanya mempergunakan Hygrometer ini antara lain seperti box untuk tempat penyimpanan kamera. Di karena kan tempat penyimpanan kamera ini memerlukan suhu dan kelembapan yang rendah,untuk menjaga peralatan tersebut dari tumbuhnya jamur yang dapat merusak. Jadi sangat perlu menggunakan hygrometer ini untuk mengecek dan mendapatkan kelembapan tertentu pada suatu tempat.

hygrometer

Higrometer juga banyak digunakan pada ruang instrumentasi ataupun ruangan pengukuran yang sangat berfungsi untuk mengontrol kelembapan udara di  dalamnya. Hal itu dikarenakan tinggi rendahnya kelembapan udara sangat berpengaruh pada keakuratan semua alat – alat ukur yang terdapat di dalamnya.

Tapi untuk sekarang ini Hygrometer juga marak dipergunakan pada mesin tetas telur. Hygrometer mesin tetas disini berfungsi sebagai pengontrol kelembapan suhu untuk mesin tetas telur agar pada saat proses penetasan, mesin penetas telur memiliki suhu dan kelembapan yang stabil.

Karena kelembapan udara adalah  salah satu faktor yang sangat penting dalam penetasan dengan mesin tetas telur. Dikarenakan di dalam telur sekitar 75 % nya adalah air. Jadi,apabila melakukan penetasan dengan mesin penetas dibutuhkan air dan diperiksa kelembapan udaranya. Apabila sampai kita telat tidak memperhatikan air bahkan sampai habis maka suhu bisa menjadi panas yang mengakibatkan embrio telur akan mati. Karena pentingnya kelembapan udara itulah maka proses penetasan telur dibuatlah alat pengukur kelembapan udara disebut dengan hygrometer.

Deskripsi Tentang Hygrometer

Untuk hygrometer yang saat ini tersedia di tempat kami adalah hygrometer merk heles dengan tipe MH1603 dengan layar 3 baris dan kabel + 1,5 meter. Dan hygrometer ini juga mempunyai banyak fungsi selain untuk mengukur kelembapan antara lain dilengkapi dengan jam dan kalender. Alat ini juga praktis bisa di taruh diding untuk pemantauan suhu dan kelembapan ruangan lalu bisa juga di aplikasikan pada mesin tetas telur. Jangkauan untuk pengukuran suhu lingkungan berada dikisaran -50 derajat celcius sampai dengan 70 derajat celcius atau sektar -58 fahrenheit sampai 158 fahrenheit dengan ketepatan akurasi 1 C (1,8 F) dan Resolusi 0,1 C. Dan untuk jangkauan pengukuaran kelembapannya mencapai 10% R H – 99% RH dengan akurasi 5% RH (40% – 80%) dan dengan resolusi 1% RH.

Jenis – Jenis Termo Hygrometer

  • Hygrometer dengan jenis logam/kertas
    Hygrometer dengan jenis logam/kertas ini sangat berguna untuk memberikan informasi secara cepat dari perubahan – perubahan kelembapan suatu ruang, akan tetapi Hygrometer jenis ini sangat sering digunakan pada perangkat yang memiliki akurasi sasaran sangat terbatas dan juga biasanya perangkat tersebut sangat murah. Hygrometer jenis ini bekerja pada pencarian yang melalui unit identik tertentu yang banyak di perlihatkan dan menunjuk pada perbedaan dalam kelembapannya,yang ditunjukkan dengan presentase dari 10 % atau bahkan lebih. Di dalam hygrometer ini kelembapannya diserap oleh strip kertas yang di resapi dan juga melekat pada kumparan logam yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk pada pada kertas yang ada pada hygrometer jenis logam/kertas koil ini.
  • Hygrometer Rambut Ketegangan
    Untuk perangkat yang berikut ini rambut manusia ataupun hewan dapat di pergunakan di bawah ketegangan. Perubahan panjang rambut dengan kelembapan dapat ditunjukkan dengan skala atau dial dengan memperbesar mekanismenya.
  • Hygrometer Elektronik
    Hygrometer jenis ini digunakan dengan sistem Dewpoint yang bekerja pada tekanan konstan untuk mencapai saturasi uapair yang dimana udara lembab menjadi sampel temperaturenya. Untuk pendinginan lebih lanjut pada temperature saturasi hasil berada dalam larutan air. Hygrometer cermin chilled dewpoin merupakan instrument yang sering dipakai untuk mengukur suhu titik embun. Dengan cara mekanisme optoelektronik cermin dingin mendeteksi kondensasisi pada permukaan cermin. Higrometer elektronik ini mengendalikan suhu pada cermin yang mampu menjaga dinamisnya keseimbangan antara kondensasi pada cermin dan juga penguapannya. Higrometer jenis ini memiliki akurasi kelembapan mencapai sekitar + 0,5 % dengan akurasi suhu 0,2 C. Higrometer jenis ini sangat perlu mendapatkan perawatan yang ekstra dengan cara pembersihan dan kalibrasi secara berkala agar mendapatkan hasil dengan akurasi yang tepat. Dalam penggunaan hygrometer jenis ini sangat perlu untuk memperhatikan ruang atau kerapuhan relevan, biaya yang dipergunakan dan juga jenis lain jenis sensor yang dipergunakan haruslah dengan harga yang lebih rendah dari akurasi.
  • Hygrometer Digital
    Termo Higro Digital adalah gabungan antar alat pengukur kelembapan udara (hygrometer) dan alat pengukur suhu (thermometer), dari dua gabungan alat inilah tercipta alat yang lebih praktis yang disebut termohigro. Alat ini sendiri cukup praktis dan efektif, termohhygro ni berjenis digital sudah memakai sensor yang merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya menggunakan (analog atau jarum) lempengan.

Cara Membaca Hygrometer

Terdapat dua skala pada higrometer digital yaitu dengan penunjukan kelembapan dan juga penujukan temperature. Untuk cara membacanya sebenarnya sangatlah mudah yaitu dengan cara melihat hasil penunjukan pada layar hygrometer digital yang telah melakukan proses pengukuran. Untuk penunjukannya biasnya yaitu dengan angka dan jugas simbol. Untuk Simbol huruf H biasanya menjadi tanda penunjukan ukuran kelembapannya dan untuk penunjukan suhunya biasanya ditandai dengan ukuran derajat celcius.

Untuk cara membaca hygrometer yang analog juga hampir sama dengan yang digital. Dengan satuan prosentase dimulai dari 0% sampai dengan 100% dengan perbandingan presentasi kelembapan,jika angka penunjukan presentasi menunjuk angka yang senakin besar maka akan semakin tinggi juga kelembapannya.Beda dari keduanya sebenarnya tidak terlalu banyak,hanya saja untuk hygrometer yang analog memlbutuhkan waktu beberapa saat untuk beradaptasi dengan lingkungan yang akan di ukur. dan waktunya pun jaga relative agak lama sekitar setengah jam sangat berbeda dengan yang digital dngan penunjukan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara penggunaan Hygrometer pada Mesin tetas

Untuk penggunaan hygrometer pada mesin tetas ini sebenarnya juga sangat mudah dalam pengaplikasiannya :

  • Nyalakan termo hygrometernya lalu letakan ke dalam mesin penetas
  • Tunggu beberapa saat dan memberi kesempatan termo hygrometrnya untuk membaca suhu juga kelembapan dalam mesin tersebut.
  • Lihat hasil dari termohygrometernya jika dirasa sudah cukup untuk dengan kelembapan juga suhunya maka keluarkan lagi termohygrometernya dan matikan lalu simpan kembali. Akan tetapi jika hasil dari pengukuran kelembapan dan suhunya belum mencapai hasil yang di inginkan maka harus dicek kembali pada nampan airnya apakah air untuk penguapan yang melembabkan ruangan masih cukup ataukah sudah habis, kalau habis maka isi kembali untuk mendapatkan hasil kelembapan yang di inginkan.

Kelembapan udara adalah faktor yang sangat penting saat melakukan penetasan telur, hal ini dikarenakan sebagian besar dari telur sendiri adalah 75 % air. jadi apabila anda ingin melakukan penetasan dengan mesin penetas maka dibutuhkan air dan periksa kelembapan udaranya. Apabila kita sampai telat memperhatikan air sehingga terjadi panas yang berlebih, maka sangat berbahaya terhadap embrio dan bisa saja terjadi kematian. Karena sangat pentingnya faktor kelembapan udara pada saat proses penetasan telur, maka dibuatlah alat untuk mengecek kelembapan udara yang disebut dengan hygrometer.

Tetasan.com merupakan distributor alat ukur hygrometer di Indonesia. Kami menjual Thermohygrometer berbagai merek secara online. Beli produk alat ukur di tetasan.com pusat jual hygrometer harga murah.

Demi untuk mempertahankan harga jual tetap murah , maka akan sangat sukar untuk pihak kami untuk selalu menyediakan setiap produk yang kami tampilkan di tetasan.com. Karyawan kami dengan senang hati memberitahukan kembali apabila ada beberapa produk yang tidak ready serta lamanya waktu pemesanan. Kami percaya dengan cara seperti ini, kami tetap bisa menjaga harga jual yang terbaik untuk pelanggan kami.

Bagi anda yang ingin mencari pen jual hygrometer mesin tetas dengan harga murah dan berkualitas. Maka silahkan hubungi CS kami untuk mendapatkan harga untuk mesin tetas nya dan juga mendapat penawaran khusus untuk setiap pembelian hygrometer mesin tetas.

Catatan Penting :
Harga Jual serta Spesifikasi Produk hygrometer bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sebelumnya. terimakasih

 

 

 

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *